Keren!! Inovasi Sijempol Gadis Manis, Disdukcapil Ciamis Kembali Belusukan Layani Masyarakat

 

Ciamis, Jabar — PW.Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat terus melakukan upaya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu inovasi untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat yaitu *Jemput Bola Gadis Manis* ( pelayanan jemput bola bagi warga disabilitas, sakit, manula di ciamis).

Dimana sasaran inovasi pelayanan Jempol Gadis Manis ini memprioritaskan kepada warga disabilitas, sakit dan manula yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan namun tidak bisa datang langsung dikarenakan adanya keterbatasan/berkebutuhan khusus, kata Kepala Dinas Dukcapil Yayan Muhamad Supyan melalui Kabid pelayanan dan pendaptaran penduduk Yulia Sari, S.STP, MM, saat diwawancarai awak media Rabu (22/5/2024).

Yulia mengatakan, sebagai implementasi dari Inovasi Pelayanan Jemput Bola Gadis Manis, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil didampingi aparatur pemerintahan Desa Janggala Kecamatan Cidolog melaksanakan pelayanan perekaman foto, dan sidik jari kepada 2 orang warga disabilitas/ berkebutuhan khusus yang beralamat di Dusun Sukamaju, Desa Janggala Kecamatan Cidolog yang bernama Yogi dan Siska untuk mendapatkan KTP elektronik atau KTP-el.

Menurut Dia, pelayanan Sijempol Gadis Manis merupakan pelayanan dari pemkab Ciamis bagi mereka yang berkebutuhan husus dan ini telah dilakukan bukan hanya di Desa Janggala saja melainkan sudah menjangkau ke lapisan masyarakat Tatar Galuh Ciamis disetiap pelosok Desa.

“Kedatangan petugas Capil untuk melakukan perekaman e-KTP guna melayani kebutuhan masyarakat dan mewujudkan tertib administrasi kependudukan di wilayah Tatar Galuh Kabupaten Ciamis,” Ungkapnya.

Selain itu kata Yulia, pihaknya juga terus mendukung kesetaraan hak sebagai warga baik bagi orang sakit, lansia maupun bagi para penyandang disabilitas.

“Pihak Dukcapil Ciamis secara masif terus mengoptimalkan pelayanan guna membantu dan mempermudah para lansia, orang sakit dan penyandang disabilitas,” Katanya.

“Bentuk Pelayanan Prima kepada Warga Disabilitas, Lansia dan ODGJ, Petugas Capil Ciamis Sambang Hingga ke Pelosok di Wilayah Tatar Galuh Ciamis,” Tandasnya.***

Jurnalis: FAI

Related posts